Tidak Semua Pengusaha Mengetahui Tentang Pentingnya Hal Ini

Tidak Semua Pengusaha Mengetahui Tentang Pentingnya Hal Ini

Bagaimana Pertumbuhan Bisnis Anda sekarang?

Salah satu kebiasaan Saya di malam atau pagi hari adalah membuka dropbox, mencari folder keuangan, dan membuka file laporan keuangan dalam folder tersebut.

Ada 3 laporan keuangan yang Saya buka:

Pertama, Balance Sheet (Neraca). Dalam laporan ini Saya akan tahu berapa aset, utang, piutang, inventori, dan data-data lainnya. Laporan ini ibarat Scheen Shoot bisnis Saya saat ini.

Kedua, Income Statement (Laba-Rugi). Dalam laporan ini Saya akan tahu berapa keuntungan dan kerugian yang didapatkan oleh perusahaan di hari itu.

Ketiga, Arus Kas (Cashflow). Dalam laporan ini Saya akan tahu kondisi kesehatan keuangan bisnis Saya. Saya akan benar-benar tahu bagaimana kondisi omzet, profit, dan cash dalam perusahaan yang Saya bangun.

Pertanyaannya, apakah Anda saat ini sudah memiliki 3 laporan keuangan tersebut?

Begini deh… Jangan dulu jauh-jauh punya 3 laporan keuangan. Pertanyaan Saya, apakah Anda PAHAM dan bisa MEMBACA laporan keuangan tersebut? Apakah Anda benar-benar memahami bahasa finansial dalam bisnis? Apakah tahu bahwa perusahaan Anda sekarang sedang turun, stagnan, atau tumbuh?

Ingat…
“Jika Anda ingin bebas finansial, tapi dalam kondisi buta finansial, bisa-bisa Anda jadi orang sial”

Kok bisa sial?

Karena Anda bisa terlena dengan omzet yang besar, padahal cashflow ancur… atau bisa jadi Anda dikibulin oleh orang keuangan Anda.. atau bisa jadi Anda kecolongan oleh karyawan Anda… atau bisa jadi Anda sudah merasa untung, padahal buntung.. dan sebagainya

Saran Saya, jika Anda masih merasa bingung dan tidak paham bahasa-bahasa finansial, baca buku ke-2 Saya tepatnya pada bab-7 (Buta Finansial). Silakan beli disini >> http://yuk.bi/t90b9

Kenapa Anda harus paham bahasa-bahasa finansial?

Pertama, karena Anda adalah Business Owner. Kecuali Anda cuma dropshipper atau reseller yang tugasnya cuma jualan, yowes nggak terlalu penting… Kalau Anda business owner, kendali dan masa depan Anda tergantung diri Anda. Keputusan Anda akan ditentukan oleh keahlian Anda dalam membaca data-data dalam keuangan.

Kapan harus buka cabang, kapan harus rekrut karyawan baru, kapan harus sewa atau beli tempat, kapan harus stok produk dalam jumlah banyak, kapan harus genjot penjualan, dan lain-lain

Kedua, karena bisnis Anda bisa Hancur. Lho? Iya. Kalau Anda bercita-cita ingin menaikkan omzet dan memberbanyak jumlah pelanggan, tapi Anda sendiri nggak pernah mengukurnya, mana mungkin Anda bisa menaikkannya. Bahayanya, bisa-bisa bisnis Anda hancur lebur, alias Bangkrut.

Karena Anda nggak pernah mengukurnya setiap hari. Tiba-tiba Anda angka dalam laporan keuangan Anda terlanjur minus dalam jumlah yang besar dan sulit untuk mengambil tindakan kecuali menutupnya. Almarhum, deh….

Nah, sekarang coba Anda merenung sebentar, jika 0 itu adalah TIDAK PAHAM sama sekali tentang bahasa finansial, dan 10 itu adalah SANGAT PAHAM tentang bahasa finansial, kira-kira Anda berada di angka berapa?

Bisakah Anda menyebutkan berapa persisnya nilai aset, invetori, utang, pitungan, omzet, profit, dan cash Anda saat ini?

Silakan isi jawabannya di kolom “komentar”. Lalu Anda tambahkan, apa yang harus Anda lakukan agar Anda berada dalam kondisi angka 10.

Ayo share ke teman-temen facebook Anda. Mensharekan status ini ke mereka sama saja dengan membantu mereka agar terselamatkan dari jurang kebangkrutan gara-gara buta finansial.

 

Download 2 Ebook Saya GRATIS disini >> www.BelajarJagoJualan.com.Boleh dishare, kok ^_^

Dewa Eka Prayoga

Founder www.billionairestore.co.id

About author

Dewa Eka Prayoga
Dewa Eka Prayoga 132 posts

Dewa Selling, Penulis Buku-Buku Best Seller, Founder & CEO Billionaire Corp, dan juga merupakan Business Coach yang senang membantu para pengusaha di Indonesia dalam meningkatkan omzet bisnisnya hingga berkali-kali lipat. Ingin ngobrol langsung dengan Saya? Follow @DewaEkaPrayoga.

You might also like

Bisnis

Kaya Dan Miskin Itu Sesuai Pemikiranya

Mahal itu karena kita Nggak Punya Uang. Iya, kan?.^_^ Saya juga awalnya nggak yakin, ketika memutuskan untuk menjual buku ke-3 Saya yang berjudul “Tembus Omzet 100 Juta Modal BlackBerry” dengan

Bisnis

Networking Adalah Kunci Dari Perkembangan Bisnis

Saya termasuk orang yang meyakini bahwa, “Semakin banyak Networking, semakin besar Potensi Bisnis dapat Dikembangkan” Ini sejalan dengan hadits Rasul yang mengatakan, “Barangsiapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya,

Penting!

Awas! Jangan Sampai Pelangganmu Kesal, karna Penawaran Yang berulang ulang

Anggaplah si Jono lagi ngincer mobil Alphard… Singkat cerita, dia datang ke sorum untuk lihat-lihat mobil Alphard. Ditemuilah si Indro, sales mobil tersebut. Tanpa panjang lebar menjelaskan, alhasil di Jono